Connect with us

Pameran 27 Tahun Museum Benteng Vredeburg

Kamis, 21 November 2019

YOGYA, jarrakposyogjakarta.com – Peringatan HUT ke-27 Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dimeriahkan dengan pameran kontemporer di museum setempat, 21-25 November 2019. Paringatan HUT kali ini mengangkat tema ‘Jejak Langkah Museum Dicintai Publik’.

Pelajar mengunjungi pameran HUT Museum Benteng Vredeburg. (Foto: David P)

Kepala Musuem Benteng Vredeburg Yogyakarta, Suharja mengatakan, tema ‘Jejak Langkah Museum Dicintai Publik’ memberikan gambaran bagaimana Museum Benteng Vredeburg makin berkembang melalui program-program partisipatifnya sehingga makin dicintai masyarakat. Maju dan berkembangnya museum akan berdampak positif bagi masyarakat, karena museum merupakan institusi penguat karakter dan kebudayaan bangsa.

“Keberadaan Museum Benteng Vredeburg sebagai museum khusus sejarah perjuangan bangsa diharapkan mampu memberi kontribusinya dalam menguatkan karakter dan semangat cinta tanah air dalam diri generasi muda,” terang Suharja disela pembukaan, Rabu (21/11/2019)

Pameran HUT Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta diikuti beberapa instansi, yaitu Museum Nasional Indonesia Jakarta, Museum Sandi Yogyakarta, Museum Gumuk Pasir Yogyakarta, Balai Konservasi Borobudur, Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta dan Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat.

Setiap harinya pameran dimulai pukul  08.00-16.30 WIB. Pameran HUT Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta diisi dengan berbagai kegiatan publik antara lain lomba Marching Band tingkat TK-SD se-DIY, talkshow museum, talkshow radio dan pentas seni. Kegiatan yang disajikan berkonsep hiburan tapi tetap tidak meninggalkan edukasinya.

Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Fitra Arda mengatakan, peringatan ultah ke-27 menjadi momentum untuk semakin mempererat sinergi dengan komunitas sebagai penghubung museum dengan masyarakat. Program-program yang dibuat harus disesuaikan dengan selera peminat museum. “Diharapakan museum lebih semarak dan mendapat tempat di hati masyarakat,” ujarnya. (Dev)