BeritaNasionalPolitik

Istana: Jokowi Akan Umumkan Dewan Pengawas KPK 20 Desember

Rabu, 11 Desember 2019

JAKARTA, jarrakposyogjakarta.com  – Presiden Joko Widodo sudah mengantongi sejumlah nama untuk mengisi posisi Dewan Pengawas KPK. Pengumunan nama-nama Dewan Pengawas KPK akan dilakukan pada tanggal 29 Desember mendatang, hal ini disampaikan oleh Mensesneg Pratikno.

“Tanggal 20 (Desember) lah, final. Nanti tanggal 20,” kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (11/12).

Mensesneg Pratikno masih belum bersedia membeberkan nama-nama yang sudah dikantongi Presiden Jokowi. Ia meminta publik bersabar karena Pak Jokowi akan segera mengumumkan nama-nama Dewan Pengawas KPK periode 2019-2023 tersebut dalam waktu dekat.

“Belum tanggal 20 kan? Wong namanya belum final kok,” jelasnya.

Mensesneg Pratikno mengatakan saat ini Jokowi juga belum meneken Keppres terkait penetapan nama-nama Dewan Pengawas KPK.

“Ya namanya belum di Keppreskan, Keppres belum ditandatangani,” kata Pratikno.

Jokowi sebelumnya mengaku sudah mengantongi sejumlah kandidat untuk mengisi posisi Dewan Pengawas KPK. Namun Jokowi belum mau mengumumkan siapa saja calon tersebut.

“Sudah, tapi belum (diumumkan),” kata Jokowi singkat di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (10/12).

Sebagai catatan, Dewan Pengawas KPK diatur dalam UU Nomor 19 Tahun 2019 yang merupakan UU versi revisi. Posisi Dewas itu menggantikan Dewan Penasihat KPK.

Untuk periode pertama, Dewas akan langsung dipilih presiden. Sementara untuk periode selanjutnya, pemilihan dilakukan melalui panitia seleksi, seperti pemilihan pimpinan KPK.

Jokowi sebelumnya menyebut dalam proses penyaringan nama-nama Dewan Pengawas KPK, pemerintah ingin nama-nama yang nantinya dipilih benar-benar memiliki rekam jejak dan integritas yang baik.

Editor: Gunawan 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close