BeritaLokal

Tugu Yogya Bersih dari Kabel-kabel Bergelantungan pada 2020

Selasa, 10 Desember 2019

YOGYA, jarrakposyogjakarta.com – Pemkot Yogyakarta berkomitmen akan membenahi kabel-kabel yang bergelantungan di atas Tugu Pal Putih atau akrab disebut Tugu Yogya. Pemkot Yogyakarta menargetkan penataan kabel-kabel itu selesai pada 2020.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta, Agus Tri Haryono menjelaskan penataan kabel di atas Tugu Yogya merupakan arahan langsung dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X.

“Di atas Tugu semuanya harus clean insyaaallah terwujud 2020,” kata Agus kepada wartawan, Senin, (9/12).

Rencananya, kabel fiber optik (FO) dan kabel PLN yang mengganggu keindahan Tugu Yogya akan dipindah ke bawah tanah melalui sistem ducting. Selain itu, Pemkot Yogyakarta juga akan fokus untuk menata pedestrian dan taman di sekitar Tugu Yogya.

“Ducting ini upaya pemerintah tidak hanya sekedar memperbaiki kondisi fisik saja ya, kondisi fisik ruas pedestrian dan landscape-nya saja, tamannya saja, namun juga memperbaiki visual ruang atas pedestrian yang turut serta menjadi wajah dan pedestrian,” kata Agus.

Menurut Agus, penataan kabel dengan sistem ducting mampu mengurangi potensi gangguan eksternal yang mempengaruhi kualitas jaringan karena berbagai faktor, misalnya angin. Selain itu, juga untuk memperindah kondisi Tugu Yogya dari kabel-kabel yang bergelantungan.

“Tujuan dilakukan penataan jaringan kabel FO ini apa? Memperbaiki wajah kota, sehingga terlihat elegan dan ramah terhadap pejalan kaki dikarenakan sudah tidak ada lagi kabel-kabel yang terlihat di sepanjang jalan utama Kota Yogyakarta,” ujarnya.

Agus memastikan hingga akhir tahun ini, pihaknya masih fokus merampungkan ducting di Jalan Sudirman. Rencananya, proyek ducting di semi pedestrian Jalan Sudirman selesai pada 22 Desember.

“Target selesai tanggal 22 Desember pas Hari Ibu. Kita sudah hampir 90 persen,” ujar Agus.

Menurutnya, tahap 10 persen sisanya hanya tinggal menurunkan kabel ke bawah tanah. Setidaknya ada 13 provider yang memiliki kabel di atas pedestrian Jalan Sudirman. Penataan ini akan terus dilakukan hingga kabel-kabel di Tugu Yogya dipindah ke bawah tanah.

“Tahun 2020 kita lanjutkan di sana dari Gondolayu sampai dengan Tugu, 100 meter ke Jalan Diponegoro,” pungkas Agus.

Sumber: kumparan.com 

Editor: Gunawan 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close